Rabu, 15 April 2009

6 Strategies Decision of Indosat.com

PT Indosat Tbk., sebelumnya bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk., adalah sebuah perusahaan penyelenggara jalur telekomunikasi di Indonesia. Indosat merupakan perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler (Mentari, Matrix, IM3, StarOne). Saat ini, komposisi kepemilikan saham Indosat adalah: Publik (45,19%), Qatar Telecom QSC (40,37%), serta Pemerintah Republik Indonesia (14,44%), termasuk saham Seri A.
Lingkup usaha:
- Komunikasi Bergerak
- Satelindo: penyelenggara seluler kedua terbesar di Indonesia
- IM3: penyelenggara GSM 1800 pertama
- Komunikasi Tetap
- SLI dari 001 dan 008
- Layanan fixed access telah diluncurkan
- Multimedia, Komunikasi Data dan Internet (MIDI)
- Komunikasi data kecepatan tinggi
- VoIP
- Internet, Video conference, electronic transaction (e-commerce) dan Cable TV
- Satelit
- Jaringan dan Layanan Backbone
- Infrastruktur satelit
- Jaringan kabel laut
- Jaringan dalam kota dan antar kota
Indosat mrpkn perusahaan telekomunikasi yg sdh dikenal oleh masyarakat indonesia, perusahaan ini sdh berjalan lbh dr 15th dan berpusat di gd. Artha graha di kawasan scbd.


1. Strategy Channel Priorities : Bricks and clicks

Seperti yang sudah dijelaskan, Indosat.com merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi yang sebenarnya merupakan sarana bagi customer untuk mengetahui lebih dalam tentang indosat, baik itu promosi yang sedang berjalan maupun i-ring apa saja yang tersedia. Tidak ada transaksi jual beli dalam indosat.com, karena website ini hanya menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan indosat mulai dari informasi tarif tlf, tarif internet,i-ring, layanan blackberry, fitur, dll. Untuk bagian Customer Service dapat dihubungi melalui telepon.


2. Organizational Restructuring and Capabilities : Strategic Partnership

Dalam situs ini, diinformasikan bahwa Indosat.com bekerja sama dengan :
a. Dunia perbankan (BCA, Mandiri, Permata, Mega, BNI) untuk membantu memudahkan pembayaran melalui fasilitas kartu kredit).
b. Berkerjasama dengan Blackberry & bekerjasama dengan lebel musik


3. Business, Service, and Revenue Models

Sebagai jasa telekomunikasi Website Indosat hanya berisikan mengenai informasi produk dan juga kegiatan yang dilakukan hingga informasi bagi para investor. Bahkan didalam Website Indosat tidak adanya transaksi secara online. Melihat banyaknya variasi produk yang dimiliki Indosat menjadikan website tersebut menjadi mediasi untuk menginformasikan produknya yang mungkin tidak memiliki iklan komersial.


4. Market Place Restructuring

Dilihat dari sisi buy-side, website Indosat tidak melakukan dalam kategori tersebut. Namun begitu juga untuk sell-side karena tidak adanya transaksi online.


5. Market and Product Development Strategy : Market Development Strategies

Menurut pendapat saya, Indosat sudah melakukan market developmet strategies dengan baik. Banyaknya varian jenis produk dan juga fitur-fitur yang diciptakan Indosat menjadikan produknya selalu menjadi unggul di pasaran. Bahkan dengan website ini, kita bisa mngetahui apa saja produk dari Indosat dan kita bisa mengetahuinya secara detail.


6. Positioning and Differentiation Strategies : Pricing Performance Exellence and Transactional Exellence

Tentu saja untuk perusahaan besar seperti Indosat, pasti sudah memperhitungkan mengenai strategi yang dilakukan setiap pelaksanaannya baik dari segi produk, service, harga dan juga proses operasionalnya. Detail produk yang disajikan dalam website ini sangat menarik karena kita dapat mengetahuinya secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar